5 Oleh-oleh Khas Manado Terenak

Manado sangat terkenal dengan kelezatan dan kekayaan kulinernya. Kali ini, saya ingin membahas tentang makanan ringan / oleh-oleh khas Manado yang sangat cocok buat keluarga dirumah, dari kue sampai es khas kota Manado :

Oleh-oleh Khas Manado Terenak

Dodol Amurang
Dodol Amurang
Dodol Amurang
Dodol amurang merupakan salah satu jenis makanan tradisional khas Manado yang berasal dari daerah amurang, itulah sebabnya makanan ini dinamakan dodol amurang. Untuk membuat dodol amurang biasanya ditaburi dengan kenari atau kacang yang ditumbuk kasar supaya memiliki aroma yang sangat harum sehingga bisa juga dinamakan dengan dodol kenari. Makanan tradisional ini memiliki rasa yang khas yaitu rasa manis dari gula aren atau gula merah dan memiliki warna coklat tua. Selain memiliki rasa yang enak, dodol amurang juga memiliki tekstur yang sangat kenyal.

Kacang goyang
Kacang goyang
Kacang goyang
Camilan lainnya yang tak kalah enak adalah kacang goyang. Bentuk kacang ini seperti cokelat ala Arab yang terlihat seperti batu-batu kecil berwarna-warni. Mengapa dinamakan kacang goyang? Karena dulunya pembuatan kacang tanah ini harus digoyang-goyang di atas bara api.

Es manado 
Es Manado
Es Manado
es yang sangat terkenal dengan keidentikannya dengan buah sirsat yang sangat enak. Dengan tambahan seperti nata decoco, daging kelapa muda atau juga bisa disebut dengan degan, leci kalengan, susu kental manis dan juga es batu membuat rasa es menado sangat komplit dan maknyus. Pembuatan es manado ini sangat simple dan mudah. Kita memerlukan blender untuk buah atau daging sirsat.  Semoga resep yang saya berikan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Halua kenari
Halua Kenari
Halua Kenari
Halua Kenari adalah camilan yang jadi favorit masyarakat Manado dan wisatawan. Halua Kenari terbuat dari gula khas Manado yaitu gula merah yang dicampur dengan buah Kenari. Rasanya manis!

Kue Panada 
Kue Panada
Kue Panada
Kue khas Manado yang terkenal hingga ke berbagai daerah adalah roti panada. Panada sebenarnya bukan merupakan kuliner asli Manado, melainkan berasal dari bangsa Portugis yang datang ke Minahasa berabad-abad yang lalu. Di portugis, panada ini disebut “empanada” yang berarti isian makanan yang dibungkus. Panada ini memiliki bentuk mirip kue pastel dan diisi dengan ikan cakalang yang diberi bumbu panpis. Bumbu panpis ini adalah ikan cakalang yang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, daun bawang, lalu ikannya disuwir kecil-kecil. Adonan roti panada ini lalu digoreng. Roti panada memiliki citarasa gurih dan pedas yang sangat lezat, apalagi bila disantap saat masih hangat.
nah itu dari saya, terimakasih, baca juga arikel saya Makanan Khas Manado
Posting Komentar

Entri Populer