Makanan Khas Yunani


Makanan Khas Yunani
Makanan Khas Yunani
Makanan Khas Yunani - Bagi setiap orang travelling merupakan cara yang sangat menyenangkan untuk melepaskan kepenatan dan memberikan peluang untuk mengenal daerah, budaya serta makanan baru. Ini yang menarik, setiap daerah, kota atau negara tertentu memiliki jenis makanan khas yang menantang untuk dieksplorasi. Salah satu negeri cantik yang terkenal dengan perpaduan kuliner mediterania yang klasik berpadu dengan citarasa moderen adalah Yunani.



 Walaupun di Yunani beragam makanan yang kita biasa temui sehari-hari seperti burger, hot dog dan pizza bertebaran dimana-mana, namun jangan sampai melewatkan makanan yunani yang memiliki citarasa unik. Diseluruh dunia, masakan yunani terkenal dengan ragam jenis citarasa, kombinasi unik, nutrisi seimbang dan menjadikannya salah satu makanan paling sehat di dunia.
Makanan merupakan salah satu kebanggaan orang Yunani dan seringkali dijadikan alasan bagi setiap keluarga untuk berkumpul. Bagi orang Yunani, kuliner merupakan salah satu hal penting untuk mendekatkan kebersamaan dan ini terlihat dari berbagai perayaan mereka yang selalu menyajikan beragam jenis makanan.

 Kuliner di Yunani sangat terkait dengan budaya dan sejarah masa lampau. Walaupun waktu berlalu, resep dasar atau ciri khas dari masakan Yunani masih sangat kental dengan bumbu utama di setiap resep masakan Yunani seperti misalnya greek olive oil.

 Saat mencari masakan tradisional Yunani saat di negara itu sendiri tentunya sangat penting untuk mengunjungi kedai tradisional di Yunani yang mayoritas pengunjungnya adalah penduduk lokal sendiri. Restoran tradisional Yunani sendiri juga biasa menyajikan menu dalam 30 bahasa sehingga memudahkan turis untuk memilih menu yang mereka sukai. Jangan khawatir resto disana akan memberikan menu ala barat seperti halnya steak dan chips, mereka sangat bangga akan makanan tradisionalnya dan tentunya mereka akan berusaha mempopulerkannya ke turis-turis.

 Nah untuk menjelajahi citarasa kuliner yunani yang unik, kamu harus coba yang namanya mezes atau mezedakia yang merupakan cemilan kecil tradisi Yunani dan merupakan appetizer pelengkap hidangan utama. Mezes biasanya dimakan bersamaan dengan wine atau bir tradisional seperti misalnya Ouzo. Salah satu makanan pembuka yang paling populer baik untuk turis maupun penduduk lokal adalah Tsatsiko yang terbuat dari campuran yoghurt, bawang putih dan ketimun.

 Saat memesan hidangan utamamu, maka kamu memiliki banyak pilihan dari mulai daging, ikan, ayam lengkap dengan hidangan tradisionalnya. Salah satu hidangan ala yunani yang paling terkenal adalah Moussaka terdiri dari tomat, terung, serta Giouvarlakia atau bakso. Nah ada juga yang namanya Britzoles atau daging yang dibakar serta Souvlaki, rasanya mirip dengan daging kebab.

 Hidangan utama Yunani yang berasal dari ikan juga terkenal kelezatannya. Ikan sangat mudah ditemui disini dikarenakan negara ini memang dikelilingi oleh laut dan memancing merupakan aktivitas populer di Yunani. Hidangan ikan yang biasa disediakan di restoran lokal termasuk Tsipoura atau ikan air tawar serta kolioi atau makarel. Salah satu hidangan populer di Yunani lainnya adalah Kalamaris atau calamari, Htapodi atau gurita yang biasa direbus atau dibakar dengan diolesi cuka terlebih dahulu. Gavros merupakan sejenis anchovy (sejenis ikan hering kecil) atau galeos yang merupakan smooth hound fillet biasa disajikan dengan salad bawang putih.

 Mencicipi dan mengeksplorasi kuliner Yunani tak hanya sebatas mencoba dan menikmati lezatnya makanan saja namun merupakan cara yang paling efektif untuk mendalami budaya dan sejarah Yunani. Tak hanya citarasa yang lezat, kuliner Yunani mengungkapkan kebudayaan yang kaya serta kecintaan masyarakat yang mendalam pada makanan. 
Terima Kasih

Komentar

Postingan Populer