Aneka Makanan Khas Bandung

Aneka Makanan Khas Bandung - Bandung memiliki banyak tempat pilihan wisata kuliner. Berbagai awisata kuliner menawarkan cita rasa dan suasana yang khas dan menyenangkan. Salah satu pilihan menu kuliner yang digemari adalah minuman dan makanan khas Bandung. Berikut ini beberapa makanan dan minuman khas Bandung dan tempat kita bisa menikmatinya :

Aneka Makanan Khas Bandung

Batagor
Batagor
Batagor merupakan salah satu kuliner khas bandung yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Makanan , ini sebenarnya hasil adaptasi dan perpaduan dari kuliner Tionghoa dan Indonesia. Namun, ciri khas Indonesianya ternyata lebih dominan dan cukup kuat. Batagor sendiri merupakan singkatan dari ‘bakso tahu goreng’. Makanan ini sangat mudah sekali ditemui di sekitar kita mulai dari pedagang keliling, kafe dan bahkan restoran.
lotek
lotek
Lotek - adalah masakan khas dari daerah Bandung, Jawa Barat. Lotek merupakan panganan yang mempunyai bahan utama seperti sayuran segar yang direbus yang diberi sambal dan kuah kacang seperti pecel. Hanya saja, keunikan dari lotek yaitu sebagai bahan tambahan pada sambal selain kacang, juga diberi tempe serta terasi. Rasa lotek juga lebih manis dari pecel.
nasi timble
nasi timble
Nasi timbel - merupakan nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus kembali hingga panas. Nasi timbel sangatlah populer khususnya di daerah jawa seperti daerah Sunda dan sekitarnya. Nasi timbel juga mempunyai sensasi yang berbeda ketika seseorang hendak menikmatinya, yaitu pada saat membuka bungkus daun pisang yang kemudian mengeluarkan uap panas dari celah-celah nasi. Serta lauk-pauk yang disajikan juga cukup beragam mulai dari daging sapi goreng, daging ayam goreng, tahu dan tempe goreng, lalapan, sambal terasi serta sayur asamnya.
Wajit
Wajit 
Wajit - merupakan cemilan favorit sebagian besar warga sunda yang konon menyaingin cokelat. Wajit dibuat dari gula kawung atau gula aren, kelapa, gula putih, beras ketan dan vanili untuk mengharumkannya.
Karedok
Karedok
Karedok - atau keredok adalah salah satu makanan khas bandung. Karedok dibuat dengan bahan-bahan sayuran mentah antara lain; mentimun, taoge, kol, kacang panjang, daun kemangi, dan terong. Sedangkan sausnya adalah bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.
Mie Kocok
Mie Kocok
Mie Kocok - merupakan jajanan khas kuliner Bandung, Mie kocok menjadi trend seiring dengan pesatnya wisata kuliner di Nusantara, perbedaan mendasar antara mie baso/ayam dan mie kocok adalah kuah yang dipakai, untuk mie baso/mie ayam biasanya menggunakan kuah kaldu yang encer dan bahan untuk kaldunya bisa digunakan ayam atau sapi, sementara untuk mie kocok kaldu yang digunakan cukup kental dan dibuat menggunakan tulang dan daging sapi, Kemudian ditambahkan sayur toge serta potongan daging kaki sapi yang empuk dan kenyal.
Demikian artikel yang dapat saya sampaikan, baca juga makanan khas korea
Posting Komentar

Entri Populer