Makanan Khas Jogja paling enak

Makanan Khas Jogja paling enak - Berkunjung ke Yogyakarta sepertinya tidak lengkap tanpa mencoba jajanan atau kuliner khas nya. kota ini dikenal dengan banyaknya jajanan sepanjang jalan. Ada beberapa yang khas dari Yogyakarta dan sebagian lain adalah kreasi dari kreativitas pedagang makanan dan cukup sukses menjadi makanan khas Yogyakarta. Berikut ini jajanan favorit saya yang sebagian merupakan makanan lesehan dan sebagian juga disediakan di restoran.

Kuline khas Jogja

Bakpia Pathok

Bakpia Pathok
Bakpia pathok merupakan salah satu makanan khas jogja khas yang terkenal yang wajib dibawa oleh wisatawan apabila berkunjung ke kota pelajar Yogyakarta. Bakpia adalah olahan makanan yang terbuat dari campuran kacang hijau dan gula yang dibalut dengan kulit yang terbuat dari tepung kemudian dipangggang. Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina yang biasa dikenal dengan nama Tou Luk Pia, memiliki arti kue pia kacang hijau. Bakpia yang cukup dikenal salah satunya berasal dari daerah Pathok (Pathuk), Yogyakarta.

Gudeg

Gudeg
Gudeg adalah masakan khas Jogjakarta, dibuat dari nangka muda, gula merah dan bumbu yang dimasak hingga berjam-jam. Karena kekhasannya tersebut, jika ke Jogja tanpa makan gudeg, belumlah afdol. Gudeg dimakan bersama nasi dan lauk pelengkapnya untuk menetralisir rasa manis dari gudeg. Lauk yang selalu setia mendampingi gudeg adalah areh (santan kental) dan sambal krecek, tahu atau tempe, telur atau ayam tergantung selera.

Kopi Joss

Uniknya kopi ini karena ada campuran kopi dan arang panas. Setelah memasukkan bubuk kopi dan gula ke dalam gelas, lalu dituang air panas. Kemudian satu arang yang masih bara panas dicelupkan dalam kopi itu, bara tercelup dalam air panas.

Nasi Tiwul

Nasi Tiwul
Tiwul salah satu makanan khas yang berasal dari Gunung kidul, Jogja merupakan salah satu makanan berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Masyarakat Gunung Kidul jaman dahulu sering memanfaatkan makan ini sebagai makanan pokok pengganti nasi. Meskipun dalam perkembangannya saat ini nasi telah menjadi makanan pokok, namun Tiwul tetap dikenal sebagai makanan khas yang cukup bersejarah. Makanan ini dipercaya juga pernah digunakan sebagai makanan pokok ketika masa penjajahan Jepang.

Geplak

Geplak
Geplak makanan khas Jogja yang terubuat dari parutan kelapa dan gula pasir atau gula jawa. Geplak ini dulunya berwarna putih dan kelam, namun sekarang banyak ditemui geplak dengan warna-warni dan aroma yang bermacam-macam, seperti vanilli, frambos, dan jeruk.
Posting Komentar

Entri Populer