Makanan Khas Masyarakat Jawa Tengah

 Jenis makanan khas memang beragam antara daerah yang satu dengan yang lain. Makanan ini sesuai dengan peradaban masyarakat dari daerah tersebut. Makanan khas biasanya tumbuh serta hanya ada di daerah tertentu saja yang memiliki makanan khas tersebut. Namun adakalanya makanan khas yang sudah terkenal hampir di semua tempat.

Makanan Khas Jawa Tengah

Nasi Liwet
Nasi Liwet
Nasi Liwet adalah sejenis nasi yang berasal dari kota Solo, Jawa tengah. Nasi ini berbeda dari nasi yang lain karena rasanya sungguh gurih. Cara pemasakan nasi ini yaitu dengan cara memasak atau mengukus nasi dengan santan parutan kelapa tua yang biasanya disajikan dengan labu siam atau daging ayam yang dipotong kecil-kecil.
Nasi Gandul Pati.
Nasi Gandul Pati.
Nasi Gandul Pati, Nasi gandul ini memang sangat khas bumbu dan rasanya ketika dinikmati langsung dari kota Pati. Kuah yang segar dan lauk daging sapi yang sudah diolah menjadi pelengkap untuk menikmati nasi gandul ini.
Tempe Mendoan
Tempe Mendoan
Tempe Mendoan adalah sejenis masakan tempe yang terbuat dari tempe yang tipis, dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah. Secara tradisional di wilayah Banyumas, tempe yang digunakan untuk mendoan adalah jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Aakan tetapi tempe mendoan juga dapat dibuat dari tempe biasa yang diiris tipis-tipis namun lebar.
Soto Ayam
Soto Ayam

Mungkin makanan ini sudah tidak asing lagi karena sudah hampir semua orang mengetahuinya dan hampir semua daerah di Indonesia ada. Soto Ayam berasal dari daerah kudus, Jawa Tengah. Bahan dasar dari kuliner ini yaitu kuah dengan bumbu rempah-rempah yang sangat kental dengan ditaburi potongan daging ayam dan bawang merah goreng.

Wajik
Wajik
Wajik merupakan salah satu makanan khas dari daerah Jawa Tengah dengan berbahan dasar beras ketan. Cara pembuatan wajik ini sangat mudah yaitu dengan mengukus beras ketan yang sudah disiapkan kemudian setelah matang menumbuknya serta memadatkannya supaya mudah diiris dan dibentuk.
Lumpia
Lumpia
Kue Lumpia atau kadang orang menyebutnya dengan LumPia merupakan sejenis makanan yang terbat lembaran tipis tepung gandum sebagai kulitnya dan isi di dalamnya terdiri dari Telur rebus, Rebung, sayuran segar, daging dan Makanan Laut yang terdapat di Indonesia. Lumpia sendiri merupakan makanan Khas yang berasal dari daerah semarang ( Indonesia ) dengan tata cara pembuatan yang di sesuaikan dengan tradisi setempat.
Kue Klepon
Kue Klepon
Kue Klepon atau sering disebut Kelepon merupakan Salah satu makanan Khas dari Jawa Tengah yang termasuk kedalam Jajanan Pasar. Kue Klepon itu sendiri terbuat dari Tepung beras ketan yang dibentuk menyerupai bola - bola kecil dengan di dalamnya di isi dengan Gula Jawa yang di haluskan.
Kue lebar / Serabi
Serabi
Kue lebar berbentuk bulat ini memiliki romantisme khas daerah Jawa Tengah yang penuh dengan budi pekerti luhur dan nilai-nilai ketimuran.  Serabi Solo adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan.  Adonan ini kemudian dimasak di atas wajan besi berbentuk cekung.  Bagian bawah serabi yang terkena kontak langsung dengan api biasanya berwarna kecoklatan dan terasa renyah.  Bagian atasnya tetap berwarna putih dan memiliki tekstur yang sangat lembut, biasanya ditaburi meses atau potongan pisang.  Sangat nikmat disantap selagi masih hangat.
Telur Asin
Telur Asin
Telur Asin seperti namanya yaitu telur yang berasa asin. Makanan ini berasal dari daerah Jawa Tengah tepatnya dari daerah Brebes. Bahan dasar dari makanan ini adalah telur itik yang diawetkan dan diasinkan sehingga akan menghasilkan rasa yang begitu asin dan cocok untuk lauk saat makan.
Garam asem
Garam asem
Garam asem termasuk salah satu makanan khs Jawa tengah yang sehat karena minim lemak. Kenapa? Karena proses memasak gareng asem  yang dikukus. Sesuai dengan namanya, garang asem memiliki cita rasa yang khas, yaitu rasa masam dan gurih. Rasa asem dihasilkan oleh belimbing wuluh yang memang merupakan bahan dan sekaligus bumbu utama dari resep garam asem ini.
Posting Komentar

Entri Populer