Makanan Khas Solo yang enak, Jawa tengah

Di kalangan penyuka makanan enak (para wisata kuliner), Solo dikenal sebagai salah satu kota di Tanah Air yang merupakan “gudang”-nya makanan lezat. Berbagai makanan minuman maupun jajanan yang khas dapat dengan mudah dijumpai di Solo. Anda akan dimanjakan oleh keanekaragaman makanan yang tersebar di berbagai sudut kota ini, yang menyajikan cita rasa khas dan eksotis yang langka dijumpai di tempat lain. Berikut ini beberapa Makanan Khas Solo yang Enak :

Makanan Khas Solo

Pecel
Pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Asal kata dan daerah pecel belum diketahui secara pasti, tetapi dalam bahasa Jawa, pecel dapat diartikan sebagai 'tumbuk' atau 'dihancurkan dengan cara ditumbuk'.
Timlo
Timlo
Timlo adalah sajian berkuah makanan khas solo ter enak, dengan isi yang sangat lengkap. Sajian yang mirip dengan sup ini berisi hati ampela ayam, dadar telur yang diisi dengan daging giling atau sosis solo, telur pindang dan disiram dengan kuah kaldu ayam. Terakhir taburkan bawang merah goreng.
Tengkleng
Tengkleng
Tengkleng adalah masakan khas yang berasal dari solo makanan ini  biasanya di buat dari bahan tulang dan kaki kambing, tengkleng juga banyak pengemar atau penikmatnya karena rasanya yang khas rempah-rempahnya  para pedangnya pun sudah menjamur hampir di seluruh indonesia.
Sate kere
Sate kere
Sate kere adalah salah satu Makanan Khas asal Solo. Sate yang menggunakan tempe gembus sebagai bahan utamanya disajikan dengan pototngan lontong dan sambal bumbu kacang. Jika suka sate ini juga biasa dilengkapi dengan potongan bawang merah mentah dan potongan cabai rawit hijau.
Nasi Liwet
Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah sejenis nasi yang berasal dari kota Solo, Jawa tengah. Nasi ini berbeda dari nasi yang lain karena rasanya sungguh gurih. Cara pemasakan nasi ini yaitu dengan cara memasak atau mengukus nasi dengan santan parutan kelapa tua yang biasanya disajikan dengan labu siam atau daging ayam yang dipotong kecil-kecil.
Selat solo
Selat solo
Selat solo adalah makanan khas solo paling enak yang isinya wortel, buncis, ketimun, kentang goreng, selada telur kecap, dan daging, yang disiram dengan kuah semur plus ditambahkan mayones homemade yang rasanya kecut segar. Di beberapa restaurant atau tempat makan, Selat Solo biasanya diberi irisan daging.
Posting Komentar

Entri Populer